• Selasa, 17 September 2024
background

Artikel


Super Admin Website | Rabu, 12 Juni 2024 | 104

Dinilai Solusi Sementara, Ketua Komisi IV DPRD Subang Minta Pengangkatan PPPK Jangan Seperti Doorprize

SUBANG - Pemkab Subang mengangkat ribuan Guru sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak atau PPPK dalam beberapa hari terakhir ini.

Pengangkatan terbaru adalah pada Jumat pekan lalu. Sebanyak 834 Guru Honorer menerima SK PPPK yang diserahkan Bupati di Halaman Kantor Pemkab Subang. Bupati Subang H Ruhimat menyebut, pengangkatan ribuan PPPK ini selain sebagai investasi SDM di masa mendatang, juga sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan para guru honorer.

Namun demikian, Ketua Komisi IV DPRD Subang Zainal Mufid menilai, meskipun pengangkatan tersebut menjadi kabar baik bagi guru, namun pengangkatan PPPK itu hanya solusi sementara dalam menangani masalah kesejahteraan guru, Senin (15/1/2024).

"Sejak lama sebetulanya kesejahteraan honorer telah menjadi permasalahan yang belum terselesaikan, namun tidak semua Pemkab mengusulakn PPPK, yang jadi alasan utamanya, kendala anggaran yang tidak memungkinkan," kata Zainal

 "Kabupaten Subang contohnya, terpaksa mengambil dari sektor lain untuk PPPL, hal ini menciptakan persoalan baru dalam kas daerah. Masalah ini sebenarnya bisa dihindari jika pemerintah memberikan solusi kepada para pendidik sebagai garda terdepan dalam membentuk generaasi mendadak. Sayagnya, solusi tereksan solusi sementara, meskipun bagi teman-teman Guru menjadi kabar baik, tapi saya khawatir akan nasib PPPK di masa yang akan datang," kata Zainal.

Zainal mengatakaan, pengangkatan  guru honorer menjaadi PPPK tidak seperti doorprize atau terkesan keberuntungan. Sebaliknya harus didaasarkan kualifikasi dan kompetensi yang saangat jelas. Dalam hal, imbuh Zainal, diperlukan solusi berkelanjutan dan konprehensif,

"Pemerintah harus evaluasi menyeluruh, selain itu diperlukan solusi jangka panjang yang memberikan jangka panjang kepastian guru honorer. Karena kesejahteraan guru honorer harus menjadi perhatian utama dalam memajukan sektor pendidikan dengan solusi berkelanjutan dan mendukung pemberdayaan SDM-nya,"  pungkasnya.

Komentar
    - Belum ada komentar -
Tinggalkan Komentar